Bangga Memakai Ulos dan Apresiasi kepada Sosok Penenun

Bangga Memakai Ulos dan Apresiasi kepada Sosok Penenun

Pada  peringatan hari Ulos Nasional yang jatuh setiap tanggal 17 Oktober,  para mitra penenun Tobatenun berkumpul dan merayakannya bersama-sama di rumah komunitas Jabu Bonang yang berlokasi di Pematangsiantar. Jabu Bonang mengangkat tema “Ta Pakke Ma Ulos Ta” atau dengan arti lain adalah sebagai ajakan untuk bersama-sama bangga memakai ulos. Perayaan ini juga dihadiri oleh instansi seperti Dinas Tenaga Kerja, organisasi dan LSM, juga beberapa tokoh masyarakat.

Ajakan untuk memakai ulos diperlihatkan melalui mini fashion show oleh para penenun yang tampil dan berkreasi dengan memakai ulos serta kebaya atau pakaian yang mereka kreasikan sendiri dari tenun ulos. Para penenun yang hadir dari Samosir, Meat, Tarutung, Silalahi, dan Siantar tampil secara bergantian dan kemudian berpose bersama. Dalam rangkaian acara ini, para penenun juga diajak untuk berdiskusi bersama dan berbagi cerita seputar produksi tenun dan penguatan komunitas antar para penenun. Turut dihadirkan juga dokter untuk memberikan edukasi seputar kesehatan organ reproduksi, sosialisasi mengenai pentingnya tes IVA dan kepemilikan BPJS Kesehatan.

Perayaan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Tobatenun melalui Jabu Bonang sebagai rumah komunitas untuk mengapresiasi sosok penenun sebagai pelaku utama dalam ekosistem tenun. Perayaan hari Ulos Nasional diharapkan dapat menjadi ajakan bagi masyarakat untuk bangga terhadap ulos sebagai warisan wastra nasional dan ikut serta dalam pelestariannya.

 

Previous Article Next Article
Keep in touch with the latest update
Get special discount for new subscribers