Keindahan Seni Pahat Batak Toba pada Koleksi Kayu & Kosmos, Persembahan Tobatenun dalam merayakan Hari Ulos Nasional

Keindahan Seni Pahat Batak Toba pada Koleksi Kayu & Kosmos, Persembahan Tobatenun dalam merayakan Hari Ulos Nasional

Tobatenun mempersembahkan Parompuan dan Ulos dalam rangka merayakan hari Ulos Nasional tahun 2022 sekaligus meluncurkan koleksi Kayu & Kosmos - 'Balau & Rara' di La Moda, Plaza Indonesia. 

Parompuan dan Ulos diselenggarakan untuk mengapresiasi para mitra partonun kami yang mayoritas adalah perempuan serta upayanya dalam menjaga warisan budaya.

Pada kesempatan kali ini, kami memperkenalkan koleksi couture pertama yang terinspirasi dari seni pahat pada tradisi Batak Toba yang sering kali ditemukan pada rumah tradisional suku Batak Toba, rumah Bolon. Ukiran-ukiran yang menggambarkan dewa-dewa Batak kuno seperti Boraspati dan Hoda-Hoda.

Koleksi kali ini didominasi dengan warna biru (balau) yang terinspirasi dari Tenun Batak Bintang Maratur dan merah (rara) yang terinspirasi dari Tenun Batak Ragi Hotang. Kedua warna ini merepresentasikan air dan api, dua kebutuhan dalam perkembangan manusia. Memperkenalkan wastra Batak di dunia fesyen, koleksi Kayu & Kosmos memperlihatkan tenun tradisional serta kontemporer yang terinspirasi dari motif tradisional dipadukan dengan linen; bemberg dan katun untuk menghasilkan gaya modern dan elegan.

Lewat koleksi ini, Tobatenun juga ingin mengangkat seni pahatan pada tradisi Batak Toba yang sering kali terabaikan. Gorga Batak Toba atau seni ukir ini merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat Toba. Ukiran ornamen khas pada bagian luar rumah adat Batak dituangkan pada busana lewat manik-manik dan sulaman.

17 koleksi couture Tobatenun seperti women’s wear terdiri dari outerwear, vest, cape, dress, bralette, pants, dan corset. Serta men’s wear terdiri dari blazer, trouser, shirt, overalls, t-shirt, dan jaket. Selain itu, beberapa aksesoris padanan seperti drawstring bag dan bucket hat ditampilkan pada peragaan busana acara Parompuan dan Ulos ini. 

Koleksi Kayu & Kosmos dapat ditemukan pada Pop Up Tobatenun di Plaza Indonesia lantai 3 atau menghubungi customer relation kami melalui whatsapp ke 0812-1092-7507.

Previous Article Next Article
Keep in touch with the latest update
Get special discount for new subscribers