Tobatenun Menampilkan Tenun Sumatera Utara di Panggung Jakarta Fashion Week 2024

Tobatenun Menampilkan Tenun Sumatera Utara di Panggung Jakarta Fashion Week 2024

Pameran mode bergengsi di Indonesia, Jakarta Fashion Week 2024, menjadi momen bersejarah bagi Tobatenun dalam memulai debutnya di panggung prestisius. Selaras dengan tema yang diusung oleh JFW 2024 yaitu Fashion Continuum: Bridging Generations; Tobatenun menggemakan pelestarian budaya dan Sustainable Fashion lewat koleksi terbaru ‘Masa Rani: A Season of Bounty’ yang ditampilkan di panggung JFW 2024. 

‘Masa Rani’ yang berarti masa panen dalam bahasa Karo, memperlihatkan keragaman budaya yang terlahir dari peleburan beberapa suku yang tinggal di Kabupaten Karo serta kekayaan hasil bumi tanah Karo. Kabupaten Karo dikenal sebagai wilayah penghasil padi, buah-buahan, dan bunga-bungaan di mana hasilnya dinikmati tidak hanya di dalam negeri, Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Kekayaan alam tanah Karo menginspirasikan pilihan warna yang terdapat pada koleksi ‘Masa Rani’, seperti fir green yang merepresentasikan tanaman padi dan warna sun kissed coral yang mewakili beragam hasil bumi lainnya seperti bunga-bunga dan buah-buahan. 

Pada ajang JFW 2024, Tobatenun hadir dengan menampilkan 16 look memperlihatkan keindahan tenun Sumatera Utara dengan sentuhan modern pada pakaian ready to wear, aksesoris dan kain tenun. Koleksi ‘Masa Rani’, Tobatenun memperkenalkan kreasi motif tenun yang terinspirasi dari motif tradisional puak Karo, Uis Beka Buluh. Ini merupakan salah satu upaya Tobatenun dalam melestarikan warisan budaya dan memajukan seni kain tenun dengan membangun dan mengedukasi komunitas, khususnya penenun, melalui pelatihan yang diadakan oleh Jabu Bonang. Pelatihan diadakan guna memperlengkapi penenun dengan keterampilan menenun motif-motif tenun Sumatera Utara yang sudah lama tidak dijumpai sehingga dapat terciptanya regenerasi. 

Memiliki spirit yang sama dengan tema yang diangkat oleh JFW 2024, kami melakukan regenerasi yang berjalan beriringan dengan kreativitas penenun dalam berkreasi menggabungkan unsur-unsur tradisional dengan nuansa kontemporer pada tenun untuk menjembatani antar generasi  agar budaya dapat lestari. 

Selain regenerasi, mengenakan pakaian dengan unsur tenun dalam keseharian merupakan salah satu cara sederhana dalam mempromosikan budaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Koleksi ‘Masa Rani’  dan setiap koleksi RTW Tobatenun memiliki sentuhan tenun Batak  yang dapat kamu pakai dalam keseharian.

Lihat koleksi

 

Previous Article
Keep in touch with the latest update
Get special discount for new subscribers