Warna-Warni Hasil Panen Tergambar Indah Lewat koleksi Kain Tenun Uis Karo Masa Rani

Warna-Warni Hasil Panen Tergambar Indah Lewat koleksi Kain Tenun Uis Karo Masa Rani

Dikenal akan keindahan dan kekayaan hasil alamnya, warna-warni hasil panen daerah Karo dituangkan pada variasi warna koleksi Masa Rani. Keragaman koleksi Masa Rani dilengkapi dengan sentuhan budaya Karo melalui motif tenun Uis Nipes dan Uis Beka Buluh, yang sudah jarang ditemukan di daerah asalnya. Uis Nipes merupakan kain yang dipakai perempuan Karo dalam menghadiri acara adat dan juga sebagai selendang pelengkap kebaya untuk acara resmi atau beribadah ke gereja. Sedangkan Uis Beka Buluh digunakan oleh laki-laki untuk acara bahagia seperti pernikahan yang biasanya digunakan sebagai  bulang-bulang atau penutup kepala untuk mempelai laki-laki dan ayah dari kedua mempelai, selain itu dapat juga disematkan di pundak dalam bentuk lipatan segitiga. Sebaliknya, bagi mempelai perempuan dan ibu dari kedua mempelai menggunakan Beka Buluh sebagai lapis tudung yang dibuat dari kain berwarna hitam. 

Merangkul kebudayaan dengan masa kini, Tobatenun memadukan tenun kontemporer yang terinspirasi dari Uis Beka Buluh dan Uis Nipes pada pakaian ready to wear serta memperlihatkan kreasi kain tenun Uis Beka Buluh dan Uis Nipes dalam variasi selendang dan kain tenun set.

Pada koleksi kain tenun Masa Rani, kedua motif tenun Uis Karo yaitu Uis Nipes dan Uis Beka Buluh dibuat dengan alat tenun gedogan. Uis Beka Buluh yang memiliki makna ketegasan berwarna dasarkan merah dengan lis benang keemasan dan karakteristik ukuran yang lebih besar dari Uis lainnya. Perpaduan warna yang indah pada koleksi Uis Beka Buluh merupakan hasil dari material pewarnaan alam seperti secang, ketapang dan indigo. Lain halnya Uis Nipes, pada motif Uis Nipes memiliki corak ujung panah yang menggambarkan simbol kekeluargaan sehingga tidak boleh dipakai sembarangan oleh gadis dikarenakan kain ini dipakai oleh seorang istri saat upacara adat yang melambangkan seorang wanita telah berkeluarga dan memiliki suami. Perpaduan warna pastel yang berasal dari material alami seperti jolawe, tingi dan merr memberi sentuhan alam dan keanggunan. 

Karya kriya tenun Uis Karo pada koleksi Masa Rani merupakan tenun kreasi sehingga dapat dipadukan dengan pakaian sehari-hari maupun dikenakan untuk acara bahagia lainnya.

 

Previous Article
Keep in touch with the latest update
Get special discount for new subscribers